Mau memulai bisnis fashion online? Pelajari dulu sistem jualan ini!

Bisnis online yang paling gampang dilakukan di Indonesia menurut data statistik hingga tahun 2019 adalah bisnis fashion online seperti pakaian dan makeup. Mengapa?

Karena ternyata orang Indonesia menyukai penampilan yang uptodate. Selain itu trend fashion yang terus berputar, dan baju tidak akan pudar dimakan usia. Banyak orang yang berlomba untuk menjadi penjual barang-barang fashion. Tapi ada kendala bagi pebisnis baru yang belum bisa menyetok barang yang banyak. Bisa jadi karena tidak memiliki cukup uang untuk stok barang, atau karena tidak memiliki tempat cukup untuk gudang, tidak punya waktu cukup untuk mengepak dan mengirim barang satu per satu.

Itulah mengapa saat ini semakin marak bisnis dengan bentuk dropship dan reseller. Selain itu ada lagi yang lebih mudah, yaitu sistem affiliate. Namun Admin tidak akan membahas affiliate disini.

Mau memulai bisnis fashion online? Pelajari dulu sistem jualan ini!

Sekarang mari kita bahas dua model yang biasanya dipakai oleh penjual di Indonesia.

Apa itu reseller?

Sistem reseller ini seperti pada arti pada kata itu sendiri yakni re-sell-er: Orang yang menjual kembali. Jika kamu menjadi reseller, maka kamu harus membeli produk dari produsen, kemudian menjualnya kembali. Keuntungan biasanya adalah dari selisih beli dan jual.

Misalnya jika kamu ingin menjual pakaian blus wanita, maka kamu akan membeli dari produsen dengan harga tertentu, kemudian menyetok barang dan menjual nya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Disini kemampuanmu untuk memutar barang dan perputaran uang sangat diperlukan. Kamu pun harus bergulat dengan masalah pengiriman dan komplain dari customer. Namun keunggulannya, kamu bisa menjual dengan harga yang kamu mau serta kamu pun bisa membuka toko fisikmu di pusat perbelanjaan dan lainnya. Kamu yang memiliki kontrol untuk harga, pengemasan, membuka toko fisik, serta berbicara dengan konsumen.

Apa itu dropship?

Dropship adalah sistem pemasaran dimana kamu sebagai orang yang mempertemukan antara produsen dengan pembeli dan jasa Anda akan dihargai dengan sistem komisi. Kamu seolah-olah tentu memiliki barang/produk tersebut namun tidak perlu repot untuk menyediakan uang setiap ingin berjualan, karena bukan sistem stok barang. Kamu cukup ikut untuk mempromosikan barang-barang yang telah terdisplay misalnya di e-commerce atau toko online mereka. Pada sistem dropship ini setelah ada pemesanan barang, maka kamu akan memberikan data kepada supplier agar mereka dapat menyediakan barang yang sesuai dengan pesanan konsumenmu.

Keunggulannya dari sistem dropship ini adalah dimana kamu tidak perlu menyetok barang dan tidak perlu melakukan pembelian terlebih dahulu. Mereka cukup ikut mempromosikan produk tersebut melalui seluruh channel/media yang dia miliki. Cara promosi yang biasanya dilakukan beragam, mulai dari fasilitas social messenger hingga social media seperti Facebook, Twitter dan Instagram, dan kini mulai meluas hingga ke Pinterest dan juga promo di beberapa e-commerce untuk market Indonesia. Bisa juga tentunya dengan website ataupun membuat toko online mereka sendiri.

Namun biasanya cara ini dilewatkan karena mereka merasa cara ini sangat rumit dan mahal. Jika ada pemesanan, dropshipper tentu akan menginfokan kepada produsen barang apa saja yang harus mereka kirim, ke alamat mana saja, dan keinginan tertentu dari si pembeli. Disini dropshipper harus terus memantau ketersediaan barang, karena jangan sampai saat pembeli ingin membeli ternyata barang sudah habis. Setelah uang di transfer ke rekeningmu, kamu harus membayarnya kembali kepada produsen/supplier, ( cara pembayaran antara supplier dan dropshipper disini memiliki beragam perjanjian, yang akan disesuaikan antara supplier dan dropshipper) barang akan dikirim oleh produsen/supplier kepada pembelimu dengan identitasmu sendiri. Jadi tetap seolah-olah kamu lah pemilik bisnis tersebut.

Tentunya sistem kerjasama untuk jual-beli ini tidak hanya dua sistem ini saja. Masih banyak sistem bisnis untuk berjualan dengan sistem lainnya. Namun sistem yang paling banyak digunakan hingga 2019 ini memanglah masih pada sistem dropship dan reseller seperti berikut di atas. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak sistem penjualan, kamu dapat mengikuti terus artikel-artikel yang akan saya bagikan seputar cara berbisnis dan peluang bisnis, tentunya untuk bisnis gampang. Caranya adalah dengan memasukkan email kamu di bagian kanan untuk subscribe e-mail dan kamu akan menjadi orang pertama yang akan mendapatkan berita menarik dari saya. Selamat berakhir pekan, setelah ini saya akan meeting dengan salah satu agregator pembayaran di dunia, Payoneer. Semoga akan menjadi artikel yang dapat kamu simak selanjutnya!

0 Response to "Mau memulai bisnis fashion online? Pelajari dulu sistem jualan ini!"

Post a Comment