Cara Mencari Tema dan Kata Kunci

Cara Mencari Tema dan Kata Kunci - Peluang mendapatkan uang di internet sudah bukan suatu rahasia lagi, walaupun sebenarnya masih banyak pengguna internet yang belum tahu. Ada ribuan artikel yang membahas cara menghasilkan uang melalui media internet. Sekarang tergantung kita, apakah ingin berselancar di dunia maya sambil mendulang rupiah atau dollar? Kalau memang iya, saran saya, awali dulu dengan membuat sebuah web atau blog, yang gratisan juga tidak apa-apa, yang penting memiliki sebuah web/blog. Baca Cara Order Blog Pemasaran Gratis di Leon Pulsa

Cara Mencari Tema dan Kata Kunci

Untuk membuat sebuah web/blog, terlebih dahulu anda harus tentukan temanya, ini penting karena sebuah web/blog diharapkan mempunyai suatu ciri khas tersendiri agar menarik pengunjung. Tetapi tidak sembarang web atau blog disetujui oleh program-program pemberi rejeki seperti Peluang Bisnis Google AdSense. Aplikasi yang diajukan ke Google akan ditolak bila tema blog berisi kekerasan, SARA, fornografi, cracking, obat-obatan terlarang, perjudian dan lain-lain sesuai yang dipersyaratkannya. Oleh karena itu, pilihlah tema-tema yang menarik yang mempunyai nilai komersil namun tidak bertentangan dengan ketentuan-ketentuan yang dipersyaratkan oleh pemilik program seperti Google Adsense, Adbrite, Amazon, Commision Junctions dan lain-lain.

Menentukan ide tema blog bisa anda awali dengan hobi seperti olahraga golf, tenis, memancing, memasak dan lain-lain atau hal-hal yang mempunyai nilai daya tarik dan banyak dicari orang misalnya review alat-alat elektronik, handphone, bisnis pulsa dan lain sebagainya. Untuk itu anda harus melakukan survei atau penelitian kecil dengan membaca blog-blog yang sedang populer di mybloglog.com, technorati.com, blogcatalog.com atau bisa juga survei dengan melihat situs Amazon, ebay, yahoo serta Google Trends untuk melihat hal-hal yang lagi trend. Dari situ anda bisa tentukan ide tema apa yang ingin anda buat.  Kumpulkan dulu kira-kira 20 ide, lalu pilih 5 ide dari 20 ide tema yang telah anda kumpulkan. Dari 5 ide tadi tentukan mana yang paling anda minati. Namun demikian anda juga harus melakukan survei terhadap kata kunci dari ide tersebut. Bila anda masih bingung, saya menyarankan anda belajar setahap demi setahap bagaimana cara memulai bisnis online di leonpulsatermurah.com atau dengan para pakar bisnis online lainnya.

Berikut ini beberapa contoh tema situs blog yang sampai saat ini masih ramai dikunjungi orang, yang saya kutip dari buku tulisan Jubilee Enterprise :

  1. Blog yang menyediakan tip, trik atau petunjuk troubleshooting terhadap sesuatu.
  2. Blog yang menyediakan layanan gratis.
  3. Blog yang berisi konten humor.
  4. Blog yang berisi konten tentang penuntun praktis kehidupan sehari-hari.
  5. Blog yang berisikan informasi yang sedang hangat.
  6. Blog informasi secara berkala.
  7. Blog yang menawarkan produk atau jasa tertentu.
  8. Blog informasi terkini.
  9. Blog komunitas.
  10. Blog berisi cerpen atau puisi. Dan lain-lain.

Setelah anda mempunyai ide tema web atau blog yang akan anda buat, anda lakukan survei/riset  untuk menemukan kata kunci yang anda bidik. Kata kunci ini sebaiknya jangan berdasarkan kira-kira, tetapi harus dilakukan riset. Untuk melakukan riset kata kunci, salah satunya anda bisa kunjungi situs Google Trends. Misalnya ide anda adalah telepon, maka anda buka google trends kemudian masukan kata kunci phone. Kegunaannya adalah anda bisa melihat bahwa topik tersebut trends-nya di negara mana. Hal ini untuk mengetahui target market kita dan ini berhubungan dengan server hosting yang akan kita pilih. Kalau trends-nya di Amerika, sebaiknya server hosting yang kita pilih adalah di negara Amerika.

Selanjutnya anda bisa kunjungi situs wordtracker untuk mengetahui kata kunci yang berhubungan dengan ide anda, disitu anda bisa melihat berapa banyak pencarian untuk kata kunci tertentu, sehingga anda bisa lebih jauh mengetahui dan mengembangkan ide kata yang anda bidik. Saya juga menyarankan kepada anda untuk melakukan riset kata kunci dengan menggunakan software Market Samurai yang bisa anda download versi trialnya. Kegunaan alat ini adalah anda bisa melakukan riset dengan lebih cepat dan efektif. Hasil dari analisa dengan alat ini bisa mengetahui kata-kata kunci apa yang berhubungan dengan ide tema web/blog anda, berapa banyak pencarinya dan berapa banyak situs pesaingnya. 

Riset kata kunci juga bisa dilakukan dengan  menggunakan  tool gratis dari google, silahkan kunjungi Google Keyword Tool. Masukan prase pada kolom ‘Enter one keyword or phrase perline‘  kemudian ketikkan pada kotak kosong yang tersedia tentang karakter yang anda lihat pada gambar, lalu klik tombol ‘Get Keyword Ideas‘.

Demikian cara menentukan ide tema serta survei kata kunci yang bisa anda praktekan. Salam Sukses.

0 Response to "Cara Mencari Tema dan Kata Kunci"

Post a Comment