Tips Strategi Sukses Menguasai Pasar agar Bisa Sukses

Tips strategi menguasai pasar agar bisa sukses : Pemasaran atau marketing dalam sebuah bisnis adalah hal yang sangat vital dan harus tetap strateginya. Jika strategi pemasaran tidak tepat, maka bisa jadi bisnis perkembangannya akan melambat bahkan bisa jatuh. 

Pemasaran merupakan cara-cara atau strategi agar konsumen tertarik dengan bisnis yang kita jalankan sehingga produk yang berupa barang maupun jasa bisa laku dan ramai konsumen, dengan demikian keuntungan yang kita dapatkan dari bisnis akan semakin besar. Pemasaran yang tidak direncanakan dengan matang dan mengantisipasi segala resikonya bisa-bisa bisnis kalah dengan para pesaing yang menerapkan strategi pemasaran yang lebih solid.

Strategi Sukses Menguasai Pasar

Strategi Sukses Menguasai Pasar

Berikut adalah beberapa tips agar Anda dapat menguasai target pasar Anda agar bisnis sukses.

Ambil perhatian masyarakat

Pernahkah Anda melihat beberapa iklan asuransi dari negara Thailand? Perusahaan asuransi dari negeri gajah putih tersebut terkesan sederhana namun dekat dengan kehidupan sehari-hari dengan ending yang menyentuh dan tidak jarang membuat orang manis. Dengan cara itulah perusahaan-perusahaan tersebut menarik perhatian masyarakat dan tertarik dengan perusahaan asuransi yang diiklankan.

Anda juga bisa memposisikan diri Anda sebagai konsumen dan menanyakan pada diri sendiri apa yang bisa menarik perhatian Anda? Apa yang bisa membuat Anda tertarik setidaknya untuk bertanya barang apa yang penjual tawarkan? Menarik perhatian calon konsumen adalah langkah awal untuk strategi pemasaran.

Goyahkan keyakinan konsumen

Mungkin Anda pernah didatangi oleh agen MLM sebuah obat dari Cina yang ketika presentasi ternyata apa yang Anda lakukan untuk sehat selama ini belum cukup. Itu merupakan strategi mereka untuk membelokkan keyakinan Anda bahwa untuk sehat dengan benar harus minum obat mereka.

Untuk menggoyahkan keyakinan calon konsumen Anda harus menyiapkan fakta-fakta yang bisa meyakinkan calon konsumen bahwa jalan keluarnya ada pada produk Anda. Ini bukan cuci otak atau hipnotis, karena pada akhirnya keputusan berada di tangan konsumen sepenuhnya. Menggeser keyakinan calon konsumen adalah tips strategi menguasai pasar agar bisa sukses.

Berikan pelayanan terbaik

Terapkan prinsip bahwa konsumen adalah raja maka dari itu sebagai pebisnis Anda harus bisa menjaga hubungan baik dengan konsumen maupun calon konsumen. Pelayanan yang baik meliputih keramahan, banyak senyum, pelayanan yang cepat dan mengakomodir kebutuhan konsumen. Bahkan beberapa perusahaan asuransi memiliki kebijakan untuk bersilaturahmi kepada nasabah di luar penagihan uang premi dan hanya sekedar mengobrol layaknya teman lama.

Bonus

Setelah mendapatkan konsumen, jangan biarkan konsumen lari dan tidak kembali membeli barang atau jasa dari Anda. Salah satunya adalah dengan memberi reward atau bonus bagi konsumen yang memenuhi syarat dan ketentuan yang Anda atur. Contoh bonus misalnya jika Anda membuka usaha minuman, berikan kupon yang Anda cap setiap kali pembelian yang bisa ditukarkan dengan gratis satu minuman atau diskon khusus. Atau Anda juga bisa membuka membership dan memberikan fasilitas lebih kepada konsumen yang terdaftar sebagai member.

Hadapi penolakan

Dalam menjalankan bisnis pasti ada penolakan-penolakan ketika Anda menjalankan strategi pemasaran, apalagi jika Anda melakukan penjualan dari door to door. Jika ada calon konsumen yang merasa keberatan dengan harga barang misalnya, jelaskan kepada konsumen mengapa harga barang bisa tinggi, bisa karena kualitas yang tinggi atau barang diimpor dari luar negeri, dan sebagainya. Jika masuk akal, yang Anda lakukan tinggal meyakinkan calon konsumen untuk percaya dan membeli produk Anda.