Trik Potret Produk Untuk Jualan Online

Trik Potret Produk Untuk Jualan Online - Jualan online kini makin marak dan ramai. Tak perlu punya situs sendiri, cukup berjualan lewat marketplace yang sudah ramai seperti Tokopedia, Bukalapak, Kaskus, bahkan Facebook dan Instagram. Semua perlu foto produk bagus, agar tampilan-nya menarik dan mengundang pembeli. Tak punya kamera SLR, kamera ponsel juga bisa di pakai. Berikut beberapa tip foto produk untuk jualan online.


Trik Potret Produk Untuk Jualan Online


1. Backdrop 

Selainkamera dengan sensor dan autofokus yang akurat, diperlukan juga beragam aksesoris pendukung, seperti Backdrop, Meja, Lampu dan Tripod. Backdrop penting agar produk tampak bersih dan bertampilan konsisten, serta menghilangkan objek pengganggu. Bisa dibuat dari kertas, sterofom atau tembok, pilihlah bahan yang berwarna putih bersih.


2. Meja

Taruh produk diatas meja yang stabil agar terlihat lebih tinggi, mudah dipotret, dan mudah diatur posisinya.


3. Lampu

Ada banyak sumber cahaya yang bisa di pakai. Namun yang mudah dan murah adalah cahaya alami yang masuk lewat jendela. Atur produk ke dekat jendela yang lebar agar mendapatkan banyak cahaya. Jika ini tidak bisa dilakukan, harus diganti dengan lampu yang sangat terang. Jangan pakai flash karena cahaya hanya dari satu arah akan tampak datar.


4. Tripod

Foto yang tajam membutuhkan kamera yang sangat stabil tanpa goyangan sedikitpun. Itu bisa di penuhi dan dilakukan dengan pemakaian Tripod ponsel plus timer saat memotret. Fitur optical stabilization juga akan lebih membantu.


5. Aplikasi

Pakai aplikasi tambahan agar hasilnya lebih optimal, seperti Camera Zoom FX (Android) atau Camera+ (iPhone).


6. Bersihkan

Lepas dan bersihkan produk dari hal mengganggu seperti kotor, label harga, atau kotoran yang mengganggu. Kalau hanya debu atau sedikit kotor bisa dibersihkan saat editing.


7. Grid

Aktifkan tampilan garis bantu (Grid) di menu kamera agar mudah menempatkan produk di tengah.


8. Bayangan

Kurangi bayangan atau sisi gelap produk, dengan menambahkan kertas pemantul cahaya untuk menerangi bagian gelap. Tujuannya, foto produk terang dan jelas di semua sisi.


9. Zoom

Pakai zoom untuk mendapatkan komposisi terbaik. Jika ada, pakai lensa tambahan khusus untuk ponsel seperti makro atau tele.