Bagaimana Memperoleh Ide Bisnis Kreatif Yang Work?

Ide, adalah kata simpel namun sangat sulit diperoleh apalagi ketika berkaitan dengan bisnis. Menemukan ide untuk bisnis sepertinya sama susahnya dengan menemukan jarum di tengah tumpukan jerami. Apakah benar-benar sesulit itu? Tentu saja tidak. Artikel ini akan membimbing Anda langkah demi langkah dalam rangka menemukan ide bisnis kreatif yang bekerja.

Bagaimana Memperoleh Ide Bisnis Kreatif Yang Work?

Sejatinya, apa yang disebut dengan ide bisnis kreatif? Ide bisnis kreatif adalah celah diantara mainstream bsinis yang ada. Banyak orang berjualan sate kambing dan ayam, maka jangan gunakan ide mainstream tersebut. Beralihlah ke sate daging kelinci misalnya, atau Anda bisa membuat sate kambing dengan bumbu yang jauh berbeda dari orang lain. Mau tahu step by step memperoleh ide bisnis kreatif? Lihat poin-poin berikut ini.

Realistis

Kebanyakan orang hanya mengandalkan impiannya saja, tanpa melihat situasi pasar. Jangan jadi orang yang ambisius terhadap satu peluang bisnis, karena pasar tidak akan pernah menghargai Anda jika Anda salah. Sebagai contoh, pak Andre sangat ingin berbisnis ikan mas yang memerlukan biaya mahal, dan perawatan lebih sulit. Namun, ia yakin bahwa jika ikan mas tersebut dijual, maka keuntungan yang ia peroleh akan sepadan dengan modal yang dikeluarkan. Padahal, masyarakat sekitar tempat ia tinggal dapat dikatakan belum mempunyai taraf ekonomi cukup untuk membeli ikan mas.

Sedangkan, pak Tono lebih realistis dengan memelihara belut yang cukup mudah dikelola serta tidak memerlukan biaya besar sehingga penjualan akan lebih murah. Bisa ditebak bahwa belut pak tono akan lebih laris bukan? Karena lebih murah dan nilai gizinya tidak kalah dengan ikan mas pak Andre.

Cari celah

Ketika Anda baru memulai bisnis, maka carilah bisnis-bisnis dengan persaingan kecil yang pasti menghasilkan. Jangan terjun ke bisnis besar karena pengalaman kita tentu saja belum cukup. Pebisnis boleh berani, namun jangan nekat.

Anda bisa masak masakan padang dengan rasa yang cukup enak. Namun, jangan terlalu pede dengan membuka bisnis masakan padang di tengah restoran-restoran besar. Meskipun jago masak, namun masakan Anda belum terbukti enak, manajemen keuangan Anda belum baik, dan sistem pemasaran belum benar.

Sebaiknya, carilah lokasi yang dipenuhi oleh masyarakat kelas menengah ke bawah, dan mulai jual produk Anda dengan harga yang terjangkau. Masyarakat tentu akan mudah mengenal dan menyukai produk masakan tersebut, dan bisnis Anda bisa menjadi terkenal karena viral marketing yang mereka ciptakan.

Berani beda

Orang ramai-ramai berbisnis kos-kosan, jangan ikutan dan pilihlah bisnis laundry. Orang berbondong-bondong bisnis jam tangan eropa, jangan ikutan dan mulailah bisnis jaket korea. Dengan tidak mengikuti arus bisnis orang banyak, maka kita berpeluang menjadi penguasa bisnis di bidang baru. Ada banyak orang yang tidak terpengaruh dengan ide bisnis lain dan kemudian membuat ide bisnis gila yang tidak pernah terpikirkan, namun ternyata bisa sukses.

Kenal sosok Tirto Utomo? Ya, pebisnis Aqua ini tidak ikut-ikutan dalam berbisnis, dan terbukti melalui perjuangan kerasnya, ia mampu sukses membangun perusahaan air mineral terbesar di indonesia.

Ide bisnis kreatif itu sangat menentukan keberhasilan kita di masa yang akan datang. Namun, ide bisnis kreatif itu tidak selalu unik, karena yang paling penting adalah dua hal, yaitu ide Anda dibutuhkan orang, dan menghasilkan. Warung kelontong adalah ide bisnis kreatif apabila benar-benar menghasilkan uang. Jadi, jangan ingin terlihat keren, segera action dan hasilkan uang.